Basic Environmental Training 4

Ruang Terbuka Hijau Publik, Akankah Tercapai?

ToeGoe Edisi Oktober-Desember 2013Buletin TOEGOE edisi Oktober - Desember tahun 2013 ini merupakan buletin terbitan pertama di era kepengurusan baru WALHI Yogyakarta periode 2013 – 2017. Pemimpin baru semoga menjadi semangat baru bagi kiprah WALHI Yogyakarta sebagai organisasi non pemerintah yang fokus pada advokasi lingkungan.

Tulisan singkat mengenai PDLH tahun 2013 dapat dibaca sebagai pembuka buletin TOEGOE edisi kali ini dalam Rubrik ‘TOEGOE UTAMA’. Hasil penelitian dan kajian terhadap Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Yogyakarta, sebagai bagian dari penelitian dan kajian terhadap Konsep Kota Hijau yang dilakukan WALHI Yogyakarta bersama beberapa orang relawan pada tahun 2013, juga redaksi angkat dalam rubrik yang sama sebagai liputan khusus dengan judul “Ruang Terbuka Hijau Publik, akankah tercapai? Diikuti dengan tulisan mengenai ‘WALHI Yogyakarta’ untuk mengingatkan kembali tentang sejarah, visi – misi dan keanggotaan WALHI Yogyakarta. Dan untuk menunjukkan bahwa WALHI Yogyakarta tak hanya bicara, pembaca dapat mengetahui aktivitas advokasi WALHI Yogyakarta di kawasan dampingan dalam Rubrik ‘Kawasan Terkini’.

Tidak pernah lelah WALHI Yogyakarta mengingatkan bahwa kewajiban menjaga kelestarian lingkungan adalah kewajiban kita semua. Demikian pula hak terhadap lingkungan hidup baik dan sehat  dimiliki oleh setiap orang, yang diakui dalam Undang – Undang Dasar kita. Hak yang harus diikuti dengan pemenuhan terhadap kewajiban pemeliharaan lingkungan. Setiap organisasi, institusi maupun setiap orang punya kewajiban tersebut, karena dampak baik dan buruk lingkungan sekalipun akan kita rasakan bersama. Tulisan berjudul “Krisis Lingkungan Hidup Menuai Bencana Ekologis” dan “Tata Ruang: Keadilan Lingkungan Hidup adalah Hak Kita Semua”, redaksi mencoba menyampaikan dan mengingatkan kita semua tentang kondisi lingkungan dan Tata Ruang DIY dalam Rubrik ‘Krisis dalam Media’, sebagai hasil kajian dan olah data media oleh WALHI Yogyakarta.

WALHI Yogyakarta tidak bekerja sendiri dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup. Rubrik ‘Komunitas’ akan mengenalkan secara bergantian komunitas yang selama ini bekerja bersama WALHI Yogyakarta. Pembaca juga dapat mengetahui informasi terbaru mengenai beberapa kegiatan Sahabat Lingkungan WALHI Yogyakarta melalui Rubrik ‘Sahabat Lingkungan’. Profil penggalangan dana publik WALHI Yogyakarta yang telah lebih matang disusun, redaksi sajikan dalam Rubrik ‘Donasi Publik’.

Kritik dan saran yang membangun akan redaksi terima sebagai bahan evaluasi agar buletin TOEGOE dapat disajikan dengan lebih baik, sebagai media penyampaian informasi lingkungan hidup WALHI Yogyakarta sekaligus sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik.

Salam Adil dan Lestari!

Silahkan Unduh: Buletin ToeGoe Edisi Oktober - Desember 2013

Xbanner1

Jl. Nyi Pembayun 14 A Karang Samalo Kotagede Yogyakarta 55172 T/F: +62 274 378631