Tentang Kami

Sejarah WALHI Yogyakarta

Pembentukan WALHI Yogjakarta, berawal dari dialog lingkungan hidup pada tanggal 19 September 19861. Saat itu, disadari ada kebutuhan bersama untuk membentuk sebuah Forum Gerakan Lingkungan di Yogyakarta yang dapat menampung aspirasi perjuangan, mempermudah koordinasi dan berbagi informasi guna pelestarian lingkungan hidup. Pembentukan forum lingkungan hidup itu juga didorong oleh keprihatinan terhadap persoalan lingkungan hidup yang senantiasa diabaikan dalam berbagai pertimbangan kebijakan pembangunan.

Forum ini juga mempersatukan beberapa aktivis lingkungan hidup dalam membangun gerakan lingkungan hidup di Yogyakarta. Kesadaran para aktivitis ini berkembang bersama dengan diresponnya kebutuhan akan keberadaan Forum Daerah (Forda) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) di Sekretariat Nasional Jakarta.

Tahun 1986, Forda  menunjuk Sri Kusniyanti menjadi penanggungjawab untuk region Yogyakarta-Jawa Tengah. Pada tahun 1989, Budi Wahyuni menggantikan Sri Kusniyanti. Periode kedua Forda ini, Budi Wahyuni tidak bekerja sendiri, karena ada kelompok kerja daerah yang dibentuk untuk membantu koordinasi dan kerja-kerja advokasi lingkungan yang dikerjakan di Sekretariat Nasional WALHI. Forum Daerah WALHI Yogyakarta resmi baru terbentuk pada tahun 1992, dengan Nur Ismanto, Nur Hidayat, dan Budi Wahyuni sebagai presidium forum tersebut untuk pertama kalinya…

    Visi & Misi

    Visi:  WALHI Yogyakarta bersama warga, khususnya generasi muda, mewujudkan keadilan ekologis di Yogyakarta berbasis ilmu pengetahuan

    Misi 

    1. WALHI Yogyakarta mendorong keterlibatan publik dalam pengelolaan ruang 
    2. WALHI Yogyakarta mendorong penyelamatan dan keberfungsian sumber-sumber air 
    3. WALHI Yogyakarta mendorong kolektivitas dan kemandirian publik dalam pengurangan resiko bencana 
    4. WALHI Yogyakarta mendorong penyelamatan sumber-sumber pangan lokal 
    5. WALHI Yogyakarta membangun kekuatan massa kritis 
    6. WALHI Yogyakarta mempunyai goal mendorong kedaulatan rakyat dalam tata kelola sumber daya alam dan lingkungan hidup yang lebih baik melalui penguatan organisasi rakyat dan pengawalan kebijakan publik. 

    Staf

    Direktur

    Gandar Mahojwala

    Deputi

    Dimas R Perdana

    Kadiv Advokasi & Kawasan

    Asegaf Pahlevi

    Kadiv Keuangan

    Sisilya Putri

    Kadiv Kampanye, Data & Informasi

    Elki S. Hadi

    Staf Keuangan

    Vila Visataningrum

    Staf Advokasi

    Rizki Abiyoga

    Staf Keadilan Antar Generasi & Gender

    Rini Nur H.

    Staf GIS

    Rakli Piscae

    Staf Media

    Aziz Anshari